Monday, August 18, 2008

Nyamuk Adalah Sumber Penyakit

Nyamuk Adalah Sumber Penyakit





Dewasa ini Indonesia mengahadapi beban ganda dalam pembangunan kesehatan, karena meningkatnya beberapa penyakit menular (re-emerging diseases), sementara penyakit tidak menular dan penyakit degeneratif mulai meningkat. Angka kematian penyakit menular cukup tinggi dan prevalensinya meningkat karena banyak dipengaruhi faktor lingkungan dan perilaku hidup masyarakat.

Terlebih lagi dalam kondisi sosial ekonomi yang memburuk, tentunya kejadian kasus penyakit menular memerlukan penanganan yang lebih serius, profesional, dan bermutu. Disamping itu telah timbul pula berbagai penyakit baru (new-emerging deseases). Salah satu masalah yang menjadi perhatian dan tercantum dalam PERPRES No.7 tahun 2005 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2004 – 2009 adalah perkembangan penyakit menular yang disebabkan oleh Nyamuk seperti Demam Berdarah Dengue, Malaria, Chikungunya, Kaki Gajah (filariasis), dan Japanese Encephalitis yang jumlah kasusnya cenderung meningkat serta penyebarannya semakin meluas.
Di Kabupaten Banyuwangi penyakit menular yang disebabkan oleh nyamuk juga masih menjadi masalah kesehatan masyarakat Banyuwangi, karena faktor geografi, lingkungan dan mobilitas penduduk yang tinggi.

Apa saja penyakit menular yang disebabkan oleh nyamuk yang menjadi masalah di Kabupaten Banyuwangi ?
1. Demam Berdarah adalah penyakit yang disebabkan oleh virus dengue (virus demam berdarah) dan dapat menyebabkan kematian,

ditularkan kepada manusia melalui gigitan nyamuk Demam Berdarah (Aedes Aegypti).
2. Demam Chikungunya (Demam Chik) adalah suatu penyakit menular dengan gejala utama demam mendadak, nyeri pada

persendian terutama sendi lutut, pergelangan, jari kaki dan tangan serta tulang belakang yang disertai ruam (kumpulan bintik-

bintik kemerahan) pada kulit, ditularkan oleh nyamuk Aedes Aegypti yang juga merupakan penular penyakit demam berdarah.
3. Malaria adalah penyakit menular yang disebabkan oleh gigitan nyamuk anopheles dengan gejala klinis utama : demam, menggigil

secara berkala dan sakit kepala.
4. Filariasis (penyakit Kaki Gajah) adalah penyakit menular menahun yang disebabkan oleh infeksi cacing filaria, ditularkan oleh berbagai jenis nyamuk.

Apa yang sudah dilakukan dikabupaten Banyuwangi ?
Untuk memberantas nyamuk yang paling efektif adalah dengan PSN (Pemberantasan Sarang Nyamuk), dengan SK Bupati Banyuwangi No. 188/193/KEP/429.012/2007 tanggal 8 Mei 2007 tentang CEPLES (Cukup Enam Puluh Menit Lenyapkan Sarang) nyamuk, yaitu dengan cara :
1. CEPLES Nyamuk dilaksanakan secara serentak seminggu sekali (hari Jum’at) selama 60 menit.
2. Masyarakat melaksanakan kerja bakti Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dilokasi masing-masing dan tempat-tempat umum.
3. PSN dilakukan dengan prinsip 3M plus yaitu :
a. Menguras bak mandi atau tempat penampungan air lainnya minimal satu kali seminggu.
b. Menutup rapat-rapat tempat penampungan air agar tidak menjadi tempat melatakkan telur nyamuk.
c. Menugubur barang-barang bekas agar tidak menjadi tempat penampungan air dan menjadi sarang nyamuk.
d. Memasang kawat kasa di ventilasi rumah, untuk menghindari nyamuk masuk rumah.
e. Memberi ikan pemakan jentik pada kolam atau menaburkan bubuk abate pada tempat penampungan air yang tidak mungkin dikuras seminggu sekali.
f. Memasang kelambu.
g. Menanam tanaman pengusir nyamuk.
h. Memberikan pencahayaan yang cukup dirumah, sehingga rumah tidak gelap dan lembab.
i. Menghindari menggantung baju yang telah digunakan (bau keringat) karena menjadi tempat istirahat nyamuk.
4. Setelah kerja bakti PSN selesai dilakukan, Juru Pemnatau Jentik (Jumnatik) akan melakukan pemeriksaan jentik kerumah – rumah warga secara sampling/acak untuk mendapatkan hasil PSN yang telah dilakukan.
5. Jumantik membantu warga memantau tempat-tempat yang memungkinkan menjadi tampat perindukan nyamuk.
6. Hasil pemantauan dari jumantik akan dilaporkan secara bertingkat kepada ketua Jumantik untuk diteruskan kepada perangkat desa / kelurahan dan Puskesmas.
7. Melibatkan siswa untuk memantau jentik minimal dirumahnya masing-masing yang hasilnya dilaporkan kepada guru dan diteruskan ke Puskesmas.

Sumber : dinkes.banyuwangikab.go.id

No comments:

Share on Facebook
Kata-kata Hikmah..! Jelang Pemilu, Jangan Golput ! Di Pemilu 2009